-->

Ciri Ayam Jantan Umur 1 Bulan Yang Bagus

Ciri Ayam Jantan Umur 1 Bulan Yang Bagus

Tips Jitu Membedakan Ayam Jantan & Betina Umur 1 - 30 hari


Tidak banyak yang mengetahui cara membedakan Anak ayam jantan apa betina? Bagi yang belum mengetahui, selalu kesulitan cara mengetahui dan membedakan jenis kelaminnya. Beberapa Cara dan cara yang bagus untuk membedakan Ayam jantan umur 1 bulan ini cocok untuk membedakan jenis ayam bangkok.

Cara Yang Bagus Untuk Membedakan Ayam Jantan Umur 1 Bulan

Ciri Ayam Jantan Umur 1 Bulan Yang Bagus
Ayam Jantan Umur 1 Bulan
Pada peternakan ayam bangkok, yang biasanya taraf kecil serta rumahan, biasanya memakai beberapa cara sederhana dalam membedakan anak ayam jantan serta betina. cara praktis ini pasti akurasinya jauh di bawah cara Vent Pertama ayam broiler yang segera lihat organ genital.

Umumya cara praktis ketahui serta membedakan type kelamin anak ayam bangkok, diantaranya berdasar pada ketidaksamaan bunyi/suara cuap bila dipegang/dielus, ketegasan/ketebalan garis jengger, kuping telinga, ketajaman/sorot mata, panjang/pendek tubuh, ketegapan serta kemampuan badan, cepat/lambat tumbuh bulu ekor, kegelian serta sifat menguasai. Beberapa cara ini tidak akurat untuk ayam yang baru menetas sampai umur 1 minggu. Sesudah umur 1 minggu ketidaksamaannya mulai sedikit terlihat, namun tetaplah saja belum juga akurat. Lebih tambah umur sampai Ayam Jantan Umur 1 Bulan jadi ketidaksamaanya semakin terang pada jengger, postur serta ketegapan badan, hingga makin gampang membedakan anak ayam jantan serta betina. Namun tetaplah saja tingkat akurasinya belum juga bagus sampai dapat dibuktikan sesudah ayam 2 bulan (bulu rawis mulai keluar).

Baca juga tentang Jenis Ayam Aduan Unggulan Paling Bagus

Cara membedakan anak ayam jantan serta ayam betina bangkok dengan lihat ada tidaknya akan kuping telinga diperdalam sekali lagi dengan contoh-contoh gambar berikut ini. Akan kuping telinga anak ayam bangkok nyatanya dapat diliat mulai sejak baru menetas (usia 0 hari). Misalnya yaitu pada gambar berikut ini, yakni gambar anak ayam bangkok umur 3-4 jam. Sisi yg tidak berbulu ada 2, yakni lobang telinga (diatas) serta akan untuk kuping telinga (dibawah). Anak ayam jantan yaitu yang terlihat terang mempunyai akan kuping telinga.

Makin besar anak ayam, akan kuping telinga semakin terlihat terang. Misalnya pada gambar berikut ini yaitu gambar anak ayam bangkok umur 4 minggu (1 bulan). Lubang telinga pada gambar ini tertutup oleh bulu, tengah akan kuping telinga terlihat terpisah dari lobang telinga. Bila akan kuping telinga tidak terlihat terang serta terpisah seperti gambar ini jadi ayam itu yaitu ayam betina.

Supaya lebih tentu serta akurat jadi beberapa cara mengetahui Ayam Jantan Umur 1 Bulan praktis yang telah dijelaskan di atas mesti dipadukan untuk sama-sama mensupport. Umpamanya pada gambar berikut ini, terkecuali lihat akan kuping telinga, juga diyakinkan sekali lagi dengan lihat jengger serta lihat bulu punggung anak ayam. Unjung bulu punggung yang runcing/lancip yaitu jantan, apabila bulu punggung lebih bundar (kurang runcing) yaitu betina. Penilaian bulu punggung ini telah dapat diliat mulai sejak anak ayam berumur 1 bulan.

Ketahui disini Ciri Kaki Ayam Aduan Bangkok Super yang Mematikan


Cara Pertama

Cara paling utama untuk ketahui type kelamin anak ayam DOC (chicks Pertama) ayam broiler terbagi dalam dua jenis, yakni vent Pertama serta feather Pertama. Ke-2 cara tersebut mempunyai tingkat akurasi yang tinggi untuk umur anak ayam DOC satu sampai sekian hari.

Vent Pertama dikerjakan lewat cara mengecek organ genital pada lubang bubur/kloaka anak ayam. Anak ayam jantan yaitu bila mempunyai tonjolan kecil, terlihat seperti jerawat atau jarum, sedang yang betina tak ada tonjolan. cara mengetahui Ayam Jantan Umur 1 Bulan Pertama cuma dapat dikerjakan oleh orang terlatih.

Feather Pertama dikerjakan lewat cara mengecek bulu sayap primer serta bulu sayap atas. Ayam jantan, bila bulu sayap primer lebih pendek atau sama panjangnya dengan bulu sayap atas, sedang ayam betina bila bulu sayap primer lebih panjang dari pada bulu sayap atas. Feather Pertama pas untuk turunan atau strain ayam broiler atau ayam spesifik saja.


Cara Lama Yang Gampang Ayam Jantan Usia 1 Bulan

Dalam sebagian buku-buku lama ada tiga cara yang begitu menarik seperti bisa diliat pada gambar berikut ini.

Cara pertama, anak ayam digantung terbalik di jari. Ayam jantan bila cuma menggantung diam, serta ayam betina bila coba mengepak serta coba memutar ke kanan.

Cara mengetahui Ayam Jantan Umur 1 Bulan yang ke-2 yakni memungut tengkuk leher anak ayam. Ayam jantan bila membiarkan kakinya menggantung, serta ayam betina bila kakinya ditarik naik ke atas dada.
cara paling akhir yaitu meletakkan anak ayam kemampuanng di telapak tangan. Ayam betina bila berhenti menendang sesudah sebagian waktu, serta ayam jantan bila terus menerus menendang.

Share this: